Cara Hilangkan Jerawat dan Bekasnya

Jerawat memang terkadang menakutkan bagi kebanyakan orang, seringkali meninggalkan bekas luka yang sangat sulit untuk dihilangkan. Jerawat dengan bekas luka akan membuat anda menjadi kurang percaya diri. Tidak banyak orang yang mencari cara mengatasi bekas jerawat dan jerawat yang sedang meradang. Anda bisa mulai dengan menggunakan bahan alami dan juga produk perawatan yang bisa anda dapatkan di toko-toko. Artikel ini akan membahas tentang cara hilangkan jerawat dan bekasnya. 

Jenis-jenis jerawat

Ada baiknya anda mengetahui jenis jerawat. Anda pasti menganggap jenis jerawat itu tidak memiliki jenisnya sehingga penanganan jerawat juga dilakukan sama. Padahal itu sangat berbeda. 4 jenis jerawat yang bisa timbul di kulit wajah: 

  1. Papula: jenis jerawat papula adalah jerawat yang muncul secara bersamaan dan kulit wajah anda menjadi merah. Ini sebenarnya berawal dari komedo yang menumpuk sehingga menimbulkan jerawat.
  2. Pustula: jerawat lainnya adalah jenis pustule, jerawat ini akan lebih parah daripada jerawat jenis papula. Ini dapat menyebabkan kulit menjadi infeksi dan radang. Biasanya juga akan mengeluarkan nanah, 
  3. Nodul: jerawat yang ketiga adalah jenis nodul, anda merasa sakit ketika mendapatkan jerawat jenis ini karena ukurannya yang besar. Ini terjadi akibat tersumbatnya folikel sehingga mengalami beberapa infeksi di bagian kulit wajah anda. Jerawat nodul juga disebut sebagai jerawat batu, penyembuhan dari parut jerawatnya juga akan lebih lama dari jerawat lainnya. 
  4. Kistik: jerawat ini juga berbentuk besar dan terdapat nanah di dalamnya. Ini adalah jenis jerawat terparah. Anda bisa merasakan sakit kepala dan sangat nyeri. 

3 Cara menghilangkan jerawat dan bekas yang membandel 

Setelah mengetahui beberapa jenis jerawat, anda akan lebih mudah mengetahui cara untuk hilangkan jerawat dan bekasnya. 

1. Produk jerawat 

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya adalah dengan menggunakan beberapa produk khusus jerawat yang dikeluarkan oleh brand tertentu. Produk ini sangat bisa anda dapatkan di online store atau offline store. Anda bisa mencari dari toner, milk cleanser, foam, dan sebagainya. Setelah itu, bisa dilakukan dengan menggunakan krim yang cocok di kulit anda. Sebaiknya gunakan produk yang mengandung AHA dan BHA. 

2. Konsultasi ke dokter 

Untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kulit anda, cara terbaik adalah mengunjungi dokter kulit agar dilakukan penanganan yang bisa memperbaiki jerawat dan bekasnya. Jangan mengganti-ganti produk untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Oatmeal 

Cara untuk hilangkan jerawat dan bekasnya adalah penggunaan oatmeal. Oatmeal memiliki kandungan untuk jenis jerawat jenis nodul. Ini akan membantu mengatasi bekas dan jerawat yang membandel dengan mencampurkan oatmeal dengan air. Oleskan ke area kulit wajah yang mengalami jerawat dan diamkan selama 30 menit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa menggunakan cara ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.