Cara Mengatasi Bekas Jerawat

Bukan hanya jerawat saja yang bisa membuat orang-orang merasa tidak nyaman, bekas jerawat juga termasuk salah satu alasan jerawat mengganggu penampilan. Bagi Anda yang merasa sulit menyamarkan bekas jerawat, ikuti cara mengatasi bekas jerawat dengan bahan alami berikut ini.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman yang memiliki seribu manfaat. Tanaman aloe vera ini kerap kali dijadikan sebagai bahan alami yang dioleskan pada bagian kepala agar rambut lembut. Kali ini Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk bagian wajah yang penuh dengan bekas jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan mudah serta bekasnya menggunakan lidah buaya akan diuraikan seperti berikut. 

Ambil satu batang lidah buaya, kemudian kupas hingga Anda mendapatkan bagian bening di dalamnya atau disebut juga gel. Lalu gel itulah yang akan dioleskan pada bagian wajah, sebelumnya pastikan wajah Anda bersih dari berbagai kotoran. Oleskan dan tunggu selama 30 menit atau sampai kering. Setelah itu bilas wajah menggunakan air bersih, ulangi kegiatan ini dua kali setiap hari. 

2. Lemon

Lemon juga kerap digunakan sebagai campuran untuk kecantikan wajah secara alami. Kandungan yang ada di dalam buah lemon dapat menyamarkan bekas jerawat. Perhatian untuk yang memiliki luka bekas jerawat agar tidak menggunakan lemon. Cara menghilangkan luka bekas jerawat sebaiknya konsultasikan pada pihak dokter agar tidak berbahaya. Untuk yang ingin menghilangkan bekas jerawat dengan lemon, berikut caranya yang tepat. 

Anda dapat mengaplikasikan air perasan lemon ke wajah dengan menggunakan jari, kuas, cotton bud maupun kapas. Perlu diingat bahwa air lemon dapat mengakibatkan wajah terasa perih, oleh karena itu sebaiknya gunakan di bagian yang diinginkan saja. Diamkan selama lebih kurang 10 menit dan kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi metode tersebut dua kali sehari agar hasilnya maksimal. 

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa diperkaya dengan vitamin E dan asam lemak. Kandungan tersebutlah yang dipercaya mampu mengangkat kulit mati pada wajah seperti noda bekas jerawat dan bekas luka. Minyak kelapa juga digunakan sebagai cara untuk hilangkan parut jerawat dan lainnya. Anda dapat menggunakan minyak kelapa dengan beberapa metode untuk menghilangkan noda tersebut. 

Cara pertama, aplikasikan langsung minyak kelapa pada bagian wajah seluruhnya. Lakukan sembari memijat pelan selama 5 menit, lalu diamkan selama 1 jam. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Cara kedua, Anda bisa menggunakan minyak lavender dan minyak kelapa. Lantas oleskan pada bagian wajah sembari dipijat. Biarkan selama 20 menit dan bilas air hangat. Ulangi kegiatan tersebut sebanyak dua kali seminggu. 

4. Minyak Vitamin E

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan vitamin E. Apabila Anda melakukannya secara rutin, maka hasil yang diperoleh juga cepat sehingga wajah Anda bersih dari noda jerawat. Vitamin E kaya antioksidan sehingga mampu memperbaiki kondisi kulit Anda. Langkah menghilangkan noda bekas jerawat dengan minyak vitamin E adalah oleskan pada bagian wajah. lakukan sebanyak dua kali sehari. 

Anda juga bisa menggunakan langkah lainnya yakni dengan mencampurkan 1 isi dari kapsul vitamin E dengan 1 sendok teh minyak jarak. Oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam noda jerawat sebelum beranjak tidur. Bangun paginya, bilas wajah dengan air hangat. Lakukan rutin setiap hari agar bisa memperoleh wajah bersih secepatnya. Minyak vitamin E termasuk bahan alami penghilang bekas jerawat

5. Baking Soda

Baking soda biasanya digunakan untuk bahan buat bolu, namun kali ini Anda bisa gunakan baking soda sebagai salah satu cara mengatasi bekas jerawat. Proses kerja baking soda sebagai penghilang noda bekas jerawat yakni dengan eksfoliasi kulit. Langkah untuk menghilangkan bekas jerawatnya, campurkan sebanyak 2 sendok teh baking soda dengan air, aduk hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada bagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat. Diamkan selama 1 – 2 menit, setelah itu bilas. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 1 kali sehari. 

6. Cuka Apel

Cara alami hilangkan bekas jerawat juga bisa dengan menggunakan cuka apel. Jika Anda sering melihat para beauty blogger yang senang merawat tubuh dan wajah pastinya sudah tidak asing lagi dengan cuka apel. Banyak sekali beauty blogger yang memiliki pengalaman menyenangkan setelah penggunaan cuka apel pada bagian wajah, baik untuk menghilangkan bruntusan maupun noda bekas jerawat. 

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah cuka apel cukup berbahaya jika Anda tidak memperhatikan racikan yang tepat. Sebelumnya campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2, ada pula yang menyarankan 1:1 tapi supaya aman sebaiknya ikuti perbandingan pertama. 

Ketahuilah bahwa cuka apel sangat perih jika dioleskan langsung tanpa campuran air. Hal tersebut dapat merusak jaringan kulit, maka disarankan untuk campur air terlebih dahulu. Cara hilangkan jerawat dan bekasnya, gunakan cotton bud yang telah dicelupkan ke air cuka apel. Lalu oleskan pada jerawat maupun bekas jerawatnya. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih. 

7. Kentang

Apabila kentang dijadikan olahan makanan tentu saja nikmat, tapi tahukah Anda bahwa kentang juga dapat digunakan sebagai cara membersihkan jerawat secara alami serta bekasnya. Pertama, Anda harus memarut kentang terlebih dahulu. Lalu saring menggunakan kain bersih. setelah air sari kentangnya diperoleh, oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat maupun bekasnya. Anda juga aman jika menggunakannya di seluruh wajah. diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air bersih. 

Selain itu juga bisa dengan mengiris kentang tipis-tipis, kemudian tempelkan pada bagian wajah yang telah dibersihkan. Tunggu hingga kentang sedikit mengering atau 10 menit dan bilas menggunakan air bersih. kentang memiliki khasiat yang dipercaya mampu menyamarkan bekas jerawat. 

8. Madu

Anda ingin membersihkan jerawat serta noda bekas jerawat? Gunakan madu murni. Anda pasti tahu jika madu merupakan bahan alami yang dapat membuat wajah bersih. Jadi, bagi Anda yang sedang bingung mencari cara membersihkan muka dari jerawat, beralih saja ke madu. Selain bahannya alami, madu memang dipercaya ampuh membersihkan noda pada kulit. 

Langkah yang digunakan sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Lalu tutupi wajah dengan perban maupun kain kasa agar tidak mengotori bantal karena madu pada wajah akan didiamkan semalaman. Ketika pagi hari, bersihkan bekas madu tersebut dan rasakan wajah yang segar dan perlahan bekas jerawat akan memudar. Cara membersihkan wajah dari jerawat menggunakan madu bisa dilakukan setiap hari sebelum tidur. 

Itulah berbagai cara mengatasi bekas jerawat dengan bahan alami. Cara manakah yang menurut Anda menarik? Seluruh bahan tersebut aman untuk digunakan karena bahan alami, hanya saja Anda perlu memperhatikan beberapa aturan karena ada yang perlu perhatian khusus seperti baking soda, lemon dan cuka apel.