Cara Untuk Hilangkan Parut Jerawat

Jerawat adalah permasalahan kulit yang hampir dialami kebanyakan remaja baik perempuan dan laki-laki. Untuk mengatasi jerawat saja membutuhkan banyak cara, belum lagi ada parut jerawat yang membuat anda harus lebih ekstra lagi dalam mencari cara untuk hilangkan parut jerawat. Menghilangkan luka dan bekas jerawat bisa dilakukan dengan 4 cara. Tetapi anda harus mulai dengan mencari tahu apa jenis parut jerawat yang melekat di kulit anda. 

Jenis parut jerawat 

Luka atau parut jerawat memiliki 4 jenis yang berbeda, hal ini bergantung jenis parut apa yang ada di kulit anda sehingga anda bisa lebih mengetahui jenis perawatan apa yang anda butuhkan untuk itu. 

  • Parut jerawat icepick 

Parut jerawat yang satu ini adalah bekas yang sangat sering terbentuk setelah adanya jerawat di bagian wajah anda dan ini wajar. Biasanya bentuk dari parut jerawat ice pick lebih ke bagian cekungan yang ada di kulit serta memiliki permukaan yang sempit. 

  • Parut jerawat boxcar 

Parut jerawat boxcar juga umumnya akan berbekas di bagian wajah contohnya bagian kening atau bahkan pipi. Luka ini akan berbentuk tajam serta mendalam dan bisa seperti cacar air. 

  • Parut jerawat rolling 

Parut jerawat rolling umumnya memiliki sudut lancip dan permukaanya akan dalam hampir seperti parut jerawat icepick. 

  • Hipertrofik 

Setelah anda mengetahui jenis parut jerawat anda akan lebih mudah mengetahui bagaimana cara untuk hilangkan parut jerawat. Jenis terakhir adalah hipertrofik yang lebih tampak serta menonjol di kulit. Ini diakibatkan oleh sekresi dari kolagen yang sangat berlebihan. 

Cara untuk hilangkan parut jerawat

1. Menggunakan produk yang tepat 

Untuk menghilangkan parut jerawat, anda bisa menggunakan produk yang mengandung AHA,BHA dan asam retinoat. AHA adalah kepanjangan dari alpha hidroxy acid. Penggunaan produk dengan kandungan AHA adalah cara untuk hilangkan parut jerawat di wajah. BHA atau beta hydroxyl acid juga akan membantu mengefoliasi kulit anda. Jika ingin menggunakan retinoat anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Penggunaan produk dengan kandungan tersebut bisa dijadikan cara mengatasi bekas jerawat lainnya. 

2. Menggunakan chemical peeling 

Cara kedua adalah dengan chemical peeling. Ini akan membantu anda untuk mengangkat lapisan-lapisan kulit luar sehingga akan membuat lapisan kulit baru. Ini harus dilakukan oleh dokter. Ketika menggunakan cara ini sebaiknya jauhi sinar matahari dan gunakan sun screen

3. Laser 

Selain itu, parut jerawat yang membandel bisa dilakukan dengan laser. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu karena ada banyak jenis laser untuk parut jerawat misalnya resurfacing, pulsed dye dan sebagainya. Tetapi umumnya untuk parut jerawat menggunakan laser dengan perawatan yang berkaitan dengan resurfacing

4. Menyuntik dengan steroid 

Cara ini juga harus dilakukan oleh dokter, steroid akan membantu menghilangkan parut jerawat dan juga keloid. Dokter akan memberikan suntikan steroid sehingga akan terbentuk jaringan baru pada kulit anda.